Woww Beasiswa untuk yang Lagi di Kalimantan Timur

Beasiswa Kaltim cemerlang

  
Di bawah ini adalah Latar Belakang Beasiswa tersebut diselenggarakan.
www.beasiswa-kaltim.com


     Misi pembangunan Kalimantan Timur 2013 - 2018 yang pertama adalah mewujudkan kualitas sumberdaya manusia Kaltim yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Kaltim sadar sepenuhnya bahwa untuk menuju pencapaian Visi Kalimantan Timur yaitu “Mewujudkan Kalimantan Timur Sejahtera yang Merata dan Berkeadilan Berbasis Agroindustri dan Energi Ramah Lingkungan”, diperlukan  kualitas sumberdaya manusia yang handal. 


       Kekayaan alam yang dimiliki berupa minyak bumi, batubara, gas, dan sebagainya, harus benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun kualitas sumberdaya manusia yang terdidik, terampil dan berintegritas sebagai investasi untuk masa yang akan datang. Transformasi ekonomi dari ekonomi yang berbasis unrenewable resources ke ekonomi yang berbasis renewable resources memerlukan kualitas sumberdaya manusia yang handal dan terampil.

       Setelah sukses menuntaskan visi Kaltim Bangkit 2013, selanjutnya Kaltim melakukan proyeksi yang lebih jauh ke depan menuju visi Kaltim Maju Tahun 2030. Tantangan terbesar untuk mewujudkan visi tersebut adalah mempersiapkan kapasitas sumberdaya manusia.  Kapasitas SDM Kaltim secara kuantitatif telah menunjukkan peningkatan yang signifikan, yang terlihat dari terus meningkatnya IPM. Akan tetapi secara kualitatif, SDM Kaltim masih perlu terus ditingkatkan agar memiliki kemandirian dan daya saing tinggi serta mampu menjadi agen pembangunan di berbagai sektor khususnya sektor-sektor unggulan.

       Data Tahun Anggaran 2009 sampai 2013 menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi Kaltim terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui sektor pendidikan.  Diharapkan dengan kebijakan ini, akan memberikan peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang signifikan dalam tahun-tahun mendatang.

       Sebagaimana disampaikan terdahulu, arah pengembangan pembangunan Kalimantan Timur telah tertuang dalam visi pembangunan yang pada intinya menyangkut dua sektor yaitu Agroindustri dan Energi. Hal ini disesuaikan dengan potensi dan keunggulan yang dimiliki oleh daerah. Pengembangan bidang energi dimaksudkan agar sumberdaya alam Kaltim berupa minyak, gas dan batubara dapat benar -benar dioptimalkan , Sedangkan pengembangan bidang Agroindustri dimaksudkan sebagai antisipasi habisnya potensi sumberdaya alam yang non-renewable tersebut, sehingga pada saatnya nanti Kaltim memiliki industri berbasis oleo-chemical tanpa harus tergantung pada migas dan batubara.

          Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur harus mempersiapkan diri dalam pengembangan sumberdaya manusia, khususnya pada bidang-bidang berikut :
  1. Penciptaan sumberdaya manusia yang berkualitas dibidang perencanaan, pemetaan, pemodelan, rancang bangun, dan bidang lainnya yang diperuntukkan bagi persiapan pengembangan sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan yang disertai kalkulasi ekonomi dan sosial budaya yang matang.
  2. Penciptaan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi yang  handal dibidang industri gas, petrokimia, kondensat dan oleo-chemical dalam rangka menyongsong Klaster Industri di Kalimantan Timur.
  3.  Penciptaan sumberdaya manusia yang berkualitas dibidang penge lolaan sumberdaya tambang serta pemanfaatan sumberdaya energi.
  4. Penciptaan sumberdaya manusia yang berkualitas dibidang teknologi pemanfaatan hasil-hasil pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan, yang dapat memberikan nilai tambah.
  5. Penciptaan sumberdaya manusia yang berkualitas dibidang manajemen dan pemasaran khususnya untuk   produk industri hilir.
  6. Penciptaan sumberdaya manusia yang berkualitas dibidang analisis dan pengendalian dampak lingkungan baik fisik maupun sosial.

Subscribe untuk mendapatkan email update gratis:

0 Response to "Woww Beasiswa untuk yang Lagi di Kalimantan Timur"

Post a Comment