Agar Berani Tampil di Depan Kelas


Agar Berani Tampil di Depan Kelas Saat Presentasi.




Persiapan presentasi telah selesai. Kini saatnya maju ke depan kelas dan mempresentasikan materi. Pola umum dalam melakukan presentasi adalah pendahuluan, isi, dan penutup. Coba perhatikan bagan di atas.
Pendahuluan 

Hal pertama yang perlu dilakukan saat presentasi adalah membukanya dengan pendahuluan. Bukalah presentasi dengan menyapa peserta presentasi, memperkenalkan diri, dan menyampaikan topik presentasi. Pendahuluan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian pendengar sekaligus menyatakan bahwa presentasi akan segera dimulai. Selain itu, pendengar juga dapat mempersiapkan diri untuk berkonsentrasi menyimak presentasi. 
Penyampaian Materi Presentasi 

Penyampaian materi dapat dianggap sebagai inti kegiatan presentasi. Perlu kalian ingat, mempresentasikan satu materi berbeda dengan membacakan materi! Membaca akan membuat nada, intonasi, dan penjelasan kita bersifat monoton sehingga membosankan. Selain itu, fokus perhatian kalian akan tersita pada materi yang kalian baca sehingga kontak dengan peserta menjadi kurang terjaga. 

Saat menyampaikan materi, pertama-tama, sebutkan poin-poin yang akan dijelaskan kemudian uraikanlah poin-poin tersebut dengan penjelasan kalian. Namun, tetaplah pada alur yang telah disusun dalam materi. 


Untuk lebih memperdalam pembahasan dan penjelasan materi, kalian dapat memberikan contoh pada penjelasan kalian. Contoh tersebut dapat kalian jelaskan kepada peserta melalui gambar atau wujud langsung benda yang dimaksud. Dengan adanya contoh, peserta dapat melihat langsung perwujudan presentasi.

Selain contoh, kalian bisa juga memasukkan aktivitas dalam presentasi kalian. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan melibatkan peserta sehingga meningkatkan pula kontak dengan peserta. Selain itu, melalui aktivitas, peserta dapat memahami inti presentasi dengan lebih mudah karena dapat merasakan kegiatan secara langsung. Aktivitas ini dapat berupa demonstrasi atau sekadar simulasi.

Misalnya, kalian menjelaskan cara mendaur ulang sampah.

“Langkah-langkah dalam mendaur ulang sampah nonorganik adalah A, B, dan C. Jadi, pertama-tama kita...(penjelasan tiap langkah secara mendetail)”

“Beberapa contoh produk hasil daur ulang sampah adalah kertas daur ulang, tas, dan kotak pensil (perlihatkan gambar atau contoh produk).”

“Untuk memahami lebih jelas mengenai cara melakukan daur ulang sampah, pada kesempatan ini, kita akan mencoba membuat kertas daur ulang. Pertama-tama...” 

Setelah menjelaskan seluruh materi, berilah kesempatan kepada peserta untuk bertanya atau menyatakan pendapatnya dalam sesi tanya-jawab. Sesi tanya-jawab akan mendekatkan kalian dan peserta presentasi. Melalui sesi ini, dapat diketahui minat peserta pada materi presentasi. 

Ada tiga tata cara sesi tanya-jawab yang dapat diikuti. Cara pertama, langsung menjawab tiap pertanyaan yang diajukan peserta. Cara kedua adalah mengumpulkan semua pertanyaan yang diajukan peserta baru kemudian menjawabnya satu per satu. Cara yang terakhir adalah perpaduan dua cara sebelumnya, yaitu mengumpulkan pertanyaan dalam jumlah tertentu baru menjawabnya. Misalnya, mengumpulkan tiga pertanyaan per sesi.

Cara yang paling umum digunakan dalam presentasi adalah cara yang ketiga. Cara ini menguntungkan karena kalian akan dapat memperkirakan waktu yang tersisa. Jika setelah satu sesi masih tersisa waktu, kalian tinggal membuka

Pertanyaan peserta presentasi tidak selalu dapat diprediksi. Ulangi pertanyaan yang diajukan agar kalian yakin maksud dan isi pertanyaan peserta. Jika pertanyaan yang diajukan melenceng jauh dari topik, jelaskan kembali batasan topik pembahasan.Kalian, misalnya, ”Maaf, topik pembahasan kita saat ini adalah fungsi internet dalam kegiatan belajar. Oleh karena itu, topik mengenai sejarah dan perkembangan internet memang tidak dibahas secara mendetail pada kesempatan kali ini. Terima kasih.”


3.    Menutup Presentasi 

Kini, pembahasan materi telah selesai. Apa itu artinya presentasi sudah selesai? Belum. Ada pendahuluan, tentu ada penutup. Dalam penutup, ada dua hal yang dapat disampaikan, yaitu simpulan singkat dan salam penutup. Simpulan singkat menjelaskan inti dari keseluruhan pembahasan materi presentasi. Simpulan presentasi harus dapat menjawab masalah/ topik yang dibahas dalam presentasi. Masukkan pula pendapat atau saran dari peserta jika dianggap perlu. Setelah menyampaikan presentasi, tutuplah presentasi dengan salam penutup.

Subscribe untuk mendapatkan email update gratis:

0 Response to "Agar Berani Tampil di Depan Kelas"

Post a Comment