Jurnal Umum | Akuntansi

Jurnal Umum


 Jurnal Umum adalah jurnal yang dipergunakan untuk mencatat bermacam-macam transaksi yang tidak dapat dimasukkan ke dalam jurnal khusus.


Bentuk-bentuk Jurnal Umum.!


         Jurnal umum adalah merupakan catatan pertama atas transaksi-transaksi yang terjadi dengan cara mendebet dan mengkredit perkiraan yang bersifat histories dan kronologis. merupakan formulir khusus yang dipakai untuk mencatat setiap bukti pencatatan berupa pendebetan dan pengkreditan secara runtut dan berisi penjelasan-penjelasan yang terkait dengan transaksi tersebut.

    Manfaat jurnal umum adalah untuk menghindari adanya kesalahan-kesalahan pencatatan pada saat memasukkan ke sebelah debet dan kreditnya.
       Bentuk atau format buku jurnal sebagai tempat  mencatat transaksi pada setiap perusahaan mungkin berbeda, tetapi bentuk standar Jurnal Umum (General Journal) terdiri atas kolom-kolom :

Kolom tanggal digunakan untuk mencatat tanggal, bulan, dan tahun  terjadinya transaksi.

Kolom akun/keterangan digunakan untuk mencatat transaksi yang di debet dan di kredit, disertai keterangan singkat tentang transaksi tersebut.

Kolom ref. (referensi) digunakan untuk mencatat kode akun ketika ayat jurnal dipindahkan ke buku besar. Sebelum dipindahkan, kolom ref. tetap dalam keadaan kosong.

Kolom debet digunakan untuk mencatat nilai transaksi.

Kolom kredit digunakan untuk mencatat nilai transaksi.

Halaman digunakan sebagai ref. pada buku besar.

Subscribe untuk mendapatkan email update gratis:

0 Response to "Jurnal Umum | Akuntansi "

Post a Comment