Mengenal Bakteri

Mengenal bakteri




Mikroorganisme atau mikroba adalah sebuah organisme kecil, yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Mikroorganisme mempunyai sel tunggal (unisel), namun beberapa bakteri ada juga yang dapat dilihat oleh mata telanjang, dan ada beberapa bakteri multisel (terdiri dari beberapa sel) yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.



Ilmu mikroorganisme disebut mikrobiologi. Sesuai namanya, bidang ilmu mikrobiologi (mikros = kecil/sangat kecil; bios = hidup/kehidupan) mempelajari tentang bentuk, kehidupan, sifat, dan penyebaran organisma yang termasuk golongan mikroba (jasad renik).



Ada empat jenis mikroorganisme yang hidup di muka bumi ini, yaitu bakteri, virus, parasit dan jamur.



1.Bakteri, menjadi perhatian terbesar karena sangat berperan dalam kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya baik secara menguntungkan ataupun merugikan.

2.Virus adalah mikroorganisme pencemar yang terkecil.

3.Parasit adalah organisme yang membutuhkan organisme lain sebagai induk agar tetap hidup. Mereka dapat hidup dalam hewan yang dimakan oleh manusia seperti sapi, ayam, babi dan ikan.

4.Jamur seperti lumut dan ragi mengakibatkan pembusukan pada makanan. Pada kemunculannya akan menimbulkan bau dan rasa yang tidak sedap dan biasanya tidak menyebabkan penyakit. Beberapa lumut mampu memproduksi racun yang berbahaya. Makanan yang berjamur yang bukan merupakan bagian alami dari sebuah produk harus dibuang.

Subscribe untuk mendapatkan email update gratis:

0 Response to "Mengenal Bakteri"

Post a Comment