Jenis Jenis Jurnal Khusus

Jenis-Jenis Jurnal Khusus


    Agar pencatatan untuk transaksi yang sering terjadi dan berulang-ulang menjadi efektif, biasanya perusahaan tidak lagi mencatatkan pada jurnal umum melainkan menggunakan jurnal khusus. 

      Adapun jenis-jenis jurnal khusus adalah sebagai berikut :

Jurnal Penjualan (Sales Journal)
Jurnal Pembelian (Purchases Journal)
Jurnal Penerimaan Kas (Cash Receipt Journal)
Jurnal Pengeluaran Kas (Cash Payment Journal)

    Dari keempat jurnal tersebut, apabila ada transaksi yang tidak bisa dicatat pada jurnal khusus, maka transaksi - transaksi tersebut dicatatkan pada jurnal umum. Baiknya ikuti penjelasan berikut ini :

1. Jurnal Penjualan (Sales Journal)


    Jurnal Penjualan adalah jurnal yang dibuat untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan barang dagang secara kredit. Dengan demikian bila perusahaan menjual barang dagang secara kredit maka pencatatan transaksinya dilakukan pada jurnal penjualan.


2. Jurnal Pembelian.


    Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang secara kredit. Perlu dijelaskan lebih lanjut apabila perusahaan dalam melakukan pembelian berupa barang-barang lain (selain barang dagang) dan jarang dilakukan maka pembuatan jurnal pembelian ini hanya khusus digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagang secara kredit saja.

       Namun apabila selain pembelian barang dagang, perusahaan juga sering membeli barang lain secara kredit, maka pembuatan jurnal pembelian ini sebaiknya juga untuk mencatat seluruh pembelian barang dagang dan barang lainnya secara kredit.



3. Jurnal Penerimaan Kas


    Jurnal Penerimaan Kas adalah jurnal yang dibuat atau digunakan utnuk mencatat semua transaksi penerimaan uang tunai atau kas. Apabila ingin membuat jurnal penerimaan kas, tentu kita harus melakukan inventarisasi transaksi-transaksi yang dapat dicatat dalam jurnal penerimaan kas. Adapun transaksi-transaksi yang dapat dicatat pada jurnal penerimaan kas adalah:

Penjualan barang dagan secara tunai

Penerimaan pembayaran piutang

Penerimaan pinjaman atau utang dari bank berupa uang tunai

Penerimaan tambahan modal secara tunai

Penerimaan pendapatan lain seperti pendapatan bunga, pendapatan komisi secara tunai.


Subscribe untuk mendapatkan email update gratis:

0 Response to "Jenis Jenis Jurnal Khusus "

Post a Comment