Jurnal Khusus

Pengertian Jurnal Khusus


     Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa pada perusahaan besar maupun kecil selalu melakukan kegiatan transaksi keuangan yang memiliki jumlah maupun jenis yang berbeda. 

    Pada perusahaan yang termasuk kecil dan transaksinya tidak terlalu banyak, biasanya perusahaan tersebut akan menggunakan buku harian yang dinamakan Jurnal Umum.
  
    Sedangkan pada perusahaan yang kegiatan transaksinya relatif banyak dan sering terjadi atau berulang-ulang, biasanya perusahaan tersebut akan menggunakan buku harian yang dinamakan Jurnal Khusus

        Jadi Jurnal khusus adalah jurnal yang secara khusus digunakan untuk mencatat transaksi sejenis yang terjadi berulang-ulang.

    Penggunaan jurnal khusus ini tentu mempunyai beberapa keuntungan antara lain:

Memungkinkan Pembagian Pekerjaan.

Jurnal khusus yang ditangani oleh satu orang sehingga terjadi spesialisasi pekerjaan, yakni setiap transaksi yang sejenis dicatat oleh satu atau sekelompok orang ke dalam satu buku jurnal khusus.

Memudahkan pemindahbukuan ke buku besar.
Pemindahbukuan dari jurnal khusus ke buku besar biasanya dilakukan secara periodik misalnya tiap satu bulan, yaitu pada akhir bulan.

Memungkinkan kontrol internal yang lebih baik.


     Karena dikerjakan oleh petugas tertentu, setiap jurnal khusus menjadi tanggung jawab bagi satu orang petugas, hal ini akan memudahkan kontrol terhadap buku jurnal tersebut.

Subscribe untuk mendapatkan email update gratis:

0 Response to "Jurnal Khusus"

Post a Comment