Menghadapi Persaingan

Menghadapi Persaingan


Menghadapi Persaingan 


Unsur yang dapat menentukan persaingan dalam suatu industri adalah berikut ini: 

1. Masuknya pendatang baru 
2. Ancaman produk atau jasa substitusi 
3. Kekuatan tawar menawar pembeli 
4. Kekuatan tawar menawar pemasok (suplies)
5. Persaingan

Akan tetapi perlu diingat, bahwa pada industri tertentu tidak semua faktor persaingan sama 
 Sumber: (M.Porter 1992, 5, Keunggulan Bersaing) 

Kerangka kerja kelima faktor persaingan tersebut memungkinkan perusahaan  untuk mengenal dan menetapkan faktor penting dalam industrinya,  sehingga ditemukan inovasi yang dikehendaki.
Kreatifitas yang tinggi dalam menciptakan produk yang unik, lebih menarik, lebih aman serta dapat memberikan pelayanan yang baik, karyawan yang ramah, trampil serta berwawasan lebih diminati konsumen dibandingkan dengan produk pesaing. 

Mengahadapi Persaingan 


Persaingan di dalam dunia usaha tidak lagi dapat dihindari, strategi yang biasa digunakan wirausaha adalah perang harga. Perang harga yang berkepanjangan akan merusak bisnis secara keseluruhan. 
Cara cara yang dapat anda lakukan dalam persaingan tanpa harus menurunkan harga adalah:

1. Pilih pesaing yang tepat, Menghadapi persaingan membutuhkan energi, waktu dan biaya karena itu segera menetapkan siapa pesaing Anda dan tentuan cara menghapinya.
2.  Fokus pada keunggulan usaha Anda, Keunggulan usaha dapat terletak pada kualitas produk atau pada kecepatan pelayanan keunggulan ini harus dipertahankan, ditingkatkan dan dipromosikan kepada masyarakat.

3.  Fokus pada kelemahan pesaing, Jika Anda sudah mengetahui kelemahan pesaing, gunakan kelemahan pesaing untuk kesuksesan usaha Anda sediakan apa yang tidak disediakan pesaing kepada konsumen Anda 

4.  Belajar dari pengalaman, Pengalaman adalah guru yang baik. Anda dapat belajar dari pengalaman Anda maupun pengalaman orang lain dalam menghadapi persaingan, sehingga Anda dapat menyiapkan strategi, sikap dan mental Anda dalam menghadapi persaingan.

5.  Keluar dari persaingan, Jika terjadi persaingan yang tajam dalam usaha Anda, Anda dapat keluar dari persaingan, keluar dari persaingan bukan berarti menutup usaha tetapi mencari celah pasar baru dengan membuat produk baru dan inovasi baru. 

Menghadapi Persaingan 


Untuk melakukan persaingan dengan wirausaha lain anda harus mengetahui posisi-posisi perusahaan/ pesaing dalam pasar 

1.    Market Leader (pemimpin pasar)
2.    Market Challanger (penantang pasar)
3.    Market Follower (Pengikut pasar)
4.    Market Nicher (perelung pasar )

Subscribe untuk mendapatkan email update gratis:

0 Response to "Menghadapi Persaingan"

Post a Comment